Frequently Asked Questions

PERMIT Shanghai mengadakan open recruitment sekitar bulan Mei - Juni setiap tahunnya. Untuk bagaimana cara mendaftar, stay tuned di sosial media kita karena kita akan memberitahu prosesnya mendekati bulan itu.
Pastinya dapat belajar berorganisasi dan bekerja sama untuk bekal kita di masa depan, dapat mengembangkan bakat serta potensi yang kamu miliki, dan tentunya juga dapat berkenalan dan mendapat teman baru dari berbagai universitas di Shanghai!
Untuk bergabung dengan PERMIT Shanghai tidak membutuhkan persiapan yang khusus, cukup mendaftar dengan mengirimkan CV dan mengikuti seleksi interview yang akan diadakan. Jika kamu mempunyai program kerja yang menurut kamu cocok untuk PERMIT Shanghai, boleh juga kamu presentasikan saat interview!
PERMIT Shanghai tidak memiliki alamat khusus, akan tetapi kalian dapat menghubungi akun-akun sosial media PERMIT Shanghai, dan kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjawab pertanyaan kalian semua.
Tentu bisa! Kami menerima ide peluang kerja sama ataupun kolaborasi apapun yang akan membawa kedua belah pihak menjadi lebih baik dan tentunya bermanfaat untuk mahasiswa Indonesia. Jika ingin bekerja sama, kontak saja kami melalui sosial media / email yang kami punya.
Berdasarkan pengalaman kami, berikut adalah hal-hal yang wajib kalian siapkan sebelum ke Shanghai : 1. Mata uang china (RMB), 2. Menginstal aplikasi VPN, 3. Belajar bahasa mandarin basic, 4. Siapkan pas foto / CD foto, 5. Visa & Passport, 6. Membawa obat-obatan pribadi, 7. Berkas berkas administratif dri setiap universitas
Bidang studi akademik yang umum di China meliputi matematika, ekonomi, teknik, dan tentu saja, bahasa Mandarin. Program-program yang tersedia di kota-kota besar di Tiongkok biasanya menggabungkan studi akademik dengan berbagai pelajaran bahasa dan budaya. Kebanyakan universitas di Shanghai mempunyai dua bahasa pengantar, yaitu bahasa mandarin dan bahasa inggris.
Biaya hidup di Shanghai itu relatif. Semua tergantung dengan universitas, jurusan, dan lifestyle yang kamu pilih. Pada umumnya, uang sekolah sebagian besar universitas di Shanghai berkisar sebesar 20rb-30rb RMB atau 40-60jt rupiah per tahun akademik. Untuk biaya akomodasi, jika memutuskan untuk tinggal di asrama yang disediakan universitas, maka range harga berkisar di 1.000-2500 RMB atau sekitar 2-5jt rupiah per bulan. Jika memutuskan untuk tinggal di apartemen, maka bisa berkisar 2000 - 5000 RMB per bulan (Harga bisa berubah sesuai dengan lokasi). Sedangkan untuk biaya hidup (makan, transportasi, daily expenses) rata-rata berkisar antara 2500 RMB - 5000 RMB atau sekitar 5-10jt rupiah per bulannya.
Shanghai merupakan salah satu kota megapolitan teraman di dunia. Dengan jumlah penduduk mencapai 23 juta, jarang sekali mendengar adanya tindakan kriminal yang terjadi di kota Shanghai. Jalan-jalan di kota Shanghai dipenuhi oleh CCTV dan selalu ada polisi yang berpatroli di setiap daerah. Selain itu, kota Shanghai juga tergolong ramai hingga larut malam.
Berikut dari pengalaman kami, sesampainya di Shanghai yang harus dilakukan adalah: 1. Melakukan check in tempat tinggal / asrama universitas, 2. Membeli sim card HP, 3. Mengurus registrasi di universitas masing - masing, 4. Membuka akun bank di Shanghai, 5. Melakukan medical check up, 6. Mengurus residence permit