Pada hari Kamis, tanggal 20 Agustus 2020 kemarin, PERMIT Shanghai mengadakan Webinar dalam rangka menyambut mahasiswa baru ke Shanghai. Karena beredarnya virus COVID-19, tentunya hal-hal yang sudah direncanakan terpaksa batal atau diundur.

Faktor ketidakpastian yang disebabkan keadaan istimewa ini 造成了许多困扰 (menjadi masalah bagi sebagian orang). Terutama mahasiswa baru yang akan memulai kehidupan perkuliahan mereka. Oleh karena itu webinar ini sangatlah penting untuk membantu teman-teman baru kita.

Seperti perkataan lama, “tak kenal maka tak sayang”, acara dimulai dengan perkenalan. Ferdy Tandiono, moderator dan perwakilan PERMIT Shanghai, menyambut mahasiswa baru dan tamu-tamu dengan semangat. Metta Edwillian, Ketua PERMIT Shanghai, menyampaikan kata sambutan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Umum PPI Tiongkok Pak Nikko, lalu oleh Konsulat Jenderal RI Shanghai Pak Deny W.Kurnia, dan setelah itu oleh Konsul Muda KJRI Shanghai Pak Radityo Panjaitan.

Sambutan oleh Pak Deny dan Pak Radit

Selanjutnya, kak Bagas Deka berbagi pengalaman 18 tahunnya di Tiongkok. Pada sesi ini kak Bagas menceritakan hal-hal yang dialaminya pada masa perkuliahan, pengalaman berorganisasi, dan juga memberikan tips dan saran mengenai meningkatkan kemampuan berbahasa mandarin, pergaulan, berorganisasi, lifestyle di Shanghai, dan lain-lain.

Sharing bersama kak Bagas Deka

Setelah kak Bagas selesai berbagi pengalaman, sesi selanjutnya mengundang dua narasumber mahasiswa; Kenny dan Whitney. Sesi ini lebih relax, dimana Ferdy, Kenny dan Whitney bertukar pengalaman sekaligus membahas berbagai macam aspek kehidupan di Shanghai; dimulai dari kebiasaan/tata aturan, Bahasa, makanan, sampai membahas hal-hal seperti biaya hidup, transportasi, pelajaran, dan sebagainya.

Tentunya, kesulitan saat pertama sampai di Shanghai tidak mungkin dihindari. Oleh karena itu, PERMIT Shanghai mengenalkan “Freshman Special Service”, dimana perwakilan PERMIT Shanghai akan membantu mengurus berbagai hal Ketika sampai di Shanghai. PERMIT Shanghai juga menyediakan buku panduan yang mencakup info-info yang telah dibahas dengan lebih detail, serta mengenalkan grup mahasiswa Shanghai dan social media.

Acara ditutup dengan sesi QnA. Pada sesi ini calon mahasiswa aktif bertanya di kolom chat Zoom. Pak Radityo Panjaitan, Konsul Muda KJRI Shanghai menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan detail.

Foto Bersama via ZOOM Meetings

Begitulah acara Webinar yang diselenggarakan PERMIT Shanghai. Terima kasih kepada para narasumber yang telah membagikan pengetahuan dan pengalaman mereka pada acara ini, dan  terima kasih teman-teman semua yang telah hadir. 

Buat kalian yang ketinggalan atau ingin tau dan mau tonton lagi, yuk langsung aja cek Youtube kita! Youtube Account: PERMIT Shanghai

Or click here to rewatch

Thank you and stay tuned for our next event!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *